Kamis, 27 Desember 2012

Rangka atap baja ringan di ekspose

Salah satu hal yang menarik dari pekerjaan struktur rangka atap baja ringan adalah keluwesan dalam mengikuti desain yang diinginkan. Salah satu desain yang selalu menjadi masalah struktur diantaranya bentuk kuda-kuda dan struktur rangka atap baja ringan yang di ekspose. Biasanya muncul pertanyaan awalnya adalah apakah struktur rangka atap baja ringan bisa di ekspose? Kemudian pertanyaan keduanya, apakah struktur tersebut akan terlihat baik, enak dipandang, dan tidak mengganggu mata?
Pertanyaan umum tersebut adalah hal yang sangat wajar, ini terjadi karena baja ringan adalah teknologi struktur atap yang baru mengganti struktur kayu yang sudah lama digunakan sebagai penutup atap. Kayu dianggap tidak bermasalah ketika di ekspose karena terlihat estetis. Kayu termasuk bahan yang mudah dibentuk sehingga mudah untuk disesuaikan dengan desain atau keinginan costumer. Kayu juga berpengalaman karena sudah digunakan banyak orang untuk mendapatkan bentuk atap yang diekspose. Artinya ketika ada yang melakukan ekspose terhadap atap kayu, yang lain sudah melakukannya hingga menjadi tidak asing untuk dilihat.
Berbeda dengan baja ringan yang membutuhkan ketelitian dan perlakuan struktur yang berbeda dengan kayu. Baja ringan terlihat lebih kaku secara visual dibanding dengan kayu. Baja ringan seperti terbatas harus ditutupi oleh plafond untuk menyembunyikan bentuk yang kaku. Tetapi perkembangan sekarang beberapa costumer sudah berani menggunakan baja ringan yang di ekspose. Dengan pemasangan yang rapid an terkontrol dengan baik, harusnya atap ekspose yang terbuat dari struktur baja ringan bisa enak dipandang dan sesuai dengan keinginan costumer atau juga sesuai desain yang direncanakan.
Selain pemasangan yang rapi, penggunaan alumunium foil sangat membantu struktur baja ringan agar  terlihat lebih rapi. Alumunium foil yang digunakan bisa single side atau juga double side. Atap akan terlihat rapi dan struktur baja ringan yang terekspose akan menjadi rapi. Jangan dilupakan juga struktur, khawatir mengejar desain sementara kekuatan diabaikan. Jika ini yang terjadi maka alih-alih mengejar desain yang ada malah kegagalan struktur yang akan terjadi. Untuk itu, pastikan setiap pemasangan atap yang diekspose juga memperhatikan setiap detail-detail struktur, bracing harus terpasang dengan baik, ikatan stabilitas, ikatan angin, dan perlakuan-perlakuan struktur pada sisi yang membutuhkan kekuatan ekstra harus diperhatikan. Jika ini dilakukan maka selain desain yang enak dipandang mata, struktur yang kuat akan didapatkan pula.

Berikut ini contoh gambar struktur rangka atap baja ringan yang di ekspose!
atap baja ringan ekspose
Anda juga bisa menambahkan ram kawat dan glaswool untuk mendapatkan udara yang sejuk dibawahnya. Glaswool menyerap panas sehingga ruangan di bawah bisa menjadi lebih dingin. Glaswool juga bisa menjadi peredam suara sehingga suara bising karena hujan yang jatuh di atap atau suara lainnya dari luar. Ram kawat selain untuk menahan glaswool juga bisa berfungsi sebagai pengaman.  Adanya ram kawat membuat hewan-hewan pengerat kesulitan untuk masuk ke rumah melalui atap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar