Kamis, 27 Desember 2012

Mengganti Konstruksi atap kayu dengan baja ringan

Salah satu fenomena menarik dari kehadiran rangka atap baja ringan adalah trend mengganti konstruksi atap kayu dengan baja ringan. Hal ini tidak lepas dari keberhasilan produsen baja ringan untuk meyakinkan penggunaan rangka baja ringan yang lebih tahan rayap dan tahan karat. Baja ringan memang termasuk bahan yang anti rayap, sementara kayu kadang selain kena rayap juga bisa lapuk dan keropos oleh air.
Beberapa pengguna yang mengganti konstruksi kuda-kuda kayu dengan baja ringan menuturkan bahwa alasan mengganti dengan baja ringan beragam diantaranya adalah:
  1. Melendut, kuda-kuda kayu terlihat kurang kuat setelah beberapa tahun sehingga khawatir sewaktu-waktu ambruk. Pengguna tidak yakin dengan kayu yang dipasang pada saat pertama kali dibangun.
  2. Terkena rayap, beberapa bagian sudah terlihat sarang rayap di kuda-kuda kayu. Hal ini juga dikhawatirkan ambruk kalau tidak diantisipasi sejak dini.
  3.  Antisipasi. Sebagian lagi mengatakan hanya antisipasi karena daerahnya termasuk daerah yang banyak rayap dan cuacanya lembab takut membuat kayu menjadi keropos.
kayu-ke-baja-ringan
Ketiga alasan tersebut menjadi dasar untuk mengganti konstruksi kayu dengan baja ringan. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi penyedia baja ringan. Tantangan tersebut berawal dari perencanaan saat akan mengukur letak ring balok, sudut kemiringan, dll. Dari beberapa kesulitan di perencanaan, mengukur luas dengan mencari letak ring balok-lah yang paling rumit. Konstruksi kayu kadang menggunakan kayu sebagai ring balok sementara baja ringan harus menggunakan beton sebagai tumpuan.
Tantangan kedua adalah tahap pengerjaan, beberapa pengguna baja ringan menginginkan pengerjaan konstruksi tanpa harus pindah dari rumah yang sedang ditempati. Pengerjaan dengan berurutan mulai dari pembongkaran dan pemasangan dalam satu paket. Kekhawatiran mereka sangat wajar, misalnya takut tiba-tiba hujan dan properti di bawahnya terkena air.
Dengan pengerjaan yang ekstra hati-hati, setiap detail pengerjaan harus dikerjakan dengan baik agar tidak terjadi bongkar pasang pada konstruksi yang sudah dibuat. Berikut ini contoh pengerjaan konstruksi baja ringan saat mengganti konstruksi atap kayu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar