Kamis, 27 Desember 2012

Penghancur beton struktur banguna tua

Salah satu profesi yang belum besar di Indonesia adalah penghancur beton struktur bangunan tua. Struktur yang dihancurkan beragam dari mulai gedung tinggi seperti bangunan apartemen, hotel, pertokoan, dll. Tentu saja apartemen bekas pakai yang sudah melewati umur konstruksi sehingga harus dihancurkan, atau bekas hotel yang akan di renovasi total.
Salah satu contoh misalnya pada tahun 2002, pemerintah Kota Beirut, Lebanon, menghancurkan gedung tua bekas Hotel Hilton yang terletak di dekat pantai. Di lokasi itu akan mulai didirikan bangunan hotel baru pada tahun berikutnya yaitu 2003. Penghancuran gedung tersebut menggunakan dinamit dengan bantuan ahli konstruksi. Menurut para ahli konstruksi yang menangani penghancuran gedung itu, ledakan besar tadi menghasilkan tumpukan debu reruntuhan setinggi kira-kira 10 meter.
Kemudian misalnya di Amerika Serikat, tahun 2001 melakukan penghancuran pada bangunan yang bernama Stadium Market Square Arena. Bangunan itu didirikan pada tahun 1974 silam adalah tempat pertunjukan, mulai dari pertandingan basket yang dimainkan Klub The Pacers, Oktober 1999 silam, konser musik, sirkus dunia hingga kejuaraan olah raga antarsekolah yang telah berlangsung selama 20 tahun. Menurut berita peledakan gedung yang memakan biaya hingga US$ 23 juta itu juga disaksikan oleh warga setempat sehingga menimbulkan kemacetan di sejumlah ruas jalan dan debu tebal.
Nah profesi ini masih sangat jarang, kita memang belum masuk ke tahap menghancurkan yang ada malah dalam tahap pembangunan. Jika mengikuti alurnya, ternyata profesi ini selain berhubungan dengan mekanika, juga berkaitan dengan struktur. Terutama mempelajari titik-titik lemah dari sebuah struktur bangunan. Dari titik lemah ini kemudian diledakkan dengan bahan peledak khusus.
Melihat proses runtuhnya sebuah bangunan besar yang menarik dikaji adalah kemampuan menempatkan peledak pada struktur terlemah dari bangunan tersebut. Ini membuat posisi jatuh yang berantai dari struktur bawah kemudian struktur tengah dan berakhir di struktur paling atas. Yang menarik juga, posisi jatuhnya bangunan yang ambruk di tempat sehingga tidak memberikan dampak bagi bangunan di sekelilingnya.
Bandingkan dengan bentuk menghancurkan struktur di Indonesia. Sebenarnya lebih tepat disebut membongkar bangunan daripada disebut menghancurkan struktur. Di Indonesia masih konvensional seperti menggunakan tenaga manusia atau menghancurkan dengan bantuan alat berat. Belum ada riwayat penghancuran bangunan tinggi di Indonesia yang spektakuler. Beberapa konstruksi yang terbengkalai dan belum di kerjakan di Indonesia biasanya dibiarkan begitu saja.
Alasan penghancuran gedung yang ada di luar negeri biasanya terjadi karena:
  1. Umur bangunan yang sudah tua sehingga dikhawatirkan mengakibatkan korban jiwa jika dibiarkan terus berdiri
  2. Bangunan tidak sesuai peruntukan, biasanya sesuai dengan regulasi peraturan yang mengatur tentang pendirian bangunan kemudian ditemukan ada penyimpangan, pemerintah berhak untuk menghancurkan bangunan  tersebut untuk digunakan sesuai peruntukannya.
  3. Renovasi total. Pengelola hendak melakukan peremajaan pada konstruksi, desain gedung dan pengembangan lainnya. Untuk itu bangunan lama harus dirubuhkan agar bangunan baru yang akan dibangun bisa berdiri dengan megahnya di tempat yang sama.

Contoh proses penghancuran beton struktur bangunan tua
penghancur beton bangunan
Bukan tidak mungkin jika sebuah kota sudah terlalu sesak dengan gedung-gedung tinggi, masyarakat membutuhkan ruang yang lega untuk beraktivitas. Adanya ruang ini akan membuat kota menjadi lebih manusiawi. Pilihan setelah sesaknya ruang oleh gedung tinggi adalah menghancurkan untuk kebaikan manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar